PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID PADA MATERI TATA SURYA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada materi tata surya untuk siswa Sekolah Dasar (SD), Model penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) dengan 4 tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan) dan Dissemination (penyebarluasan). Hasil pengembangan media belajar berupa aplikasi android dengan format APK. Hasil penilaian dari ahli materi mencapai rata-rata 4,38 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil penilaian dari ahli media mencapai rata-rata 4,45 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil uji perorangan mencapai rata-rata 4,72 dengan kriteria “Sangat Baik”, sedangkan hasil uji coba lapangan mencapai rata-rata 4,84 dengan kriteria “Sangat Baik”.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Martanti, A. P., Hardyanto, W., & Sopyan, A. (2013). Pengembangan Media Animasi Dua Dimensi Berbasis Java Scratch Materi Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 2(2), 19-25.
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Dikutip dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/131808329/pengabdian/7cpengembanganmodel-pembelajaran. pdf pada tanggal 30 April 2019.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan, Research & Development. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, Z. A., & Nugroho, M. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Game Tax Administration Millionaire Quiz untuk Mata Pelajaran Administrasi Pajak. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIII(1), 85-98.