Penggunaan Media Pembelajaran dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Pada Mata Pelajaran Sejarah

Main Article Content

Refalia Bafadal
Zulmi Aryani

Abstract

perantara atau alat untuk mencapai tujuan tersebut dan menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima. Sedangkan pembelajaran 
merupakan interaksi antar pendidik dan siswa, menjadi lebih efektif dengan tingkat interaktivitas yang tinggi. Kurikulum merdeka belajar adalah 
inisiatif pendidikan yang mendukung fleksibilitas dan kemandirian siswa. Penggunaan media pembelajaran digital interaktif memungkinkan 
interaksi yang lebih aktif dalam pembelajaran. Hal ini menciptakan pembelajaran yang menarik dan relevan. Media pembelajaran berbasis proyek 
juga mendukung semangat kurikulum merdeka belajar dengan melibatkan siswa dalam proyek-proyek pembelajaran yang mendalam dan kreatif. 
Penerapan media pembelajaran dalam mata pelajaran sejarah memberikan keunggulan dalam visualisasi, kreativitas, dan akses terhadap sumber 
daya sejarah. Hal ini menjadikan pembelajaran sejarah lebih menarik dan bermakna bagi siswa, membantu mereka memahami sejarah dan 
dampaknya terhadap dunia saat ini. Teknologi digital berperan penting dalam menjawab tuntutan pendidikan adaptif di era modern. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Penggunaan Media Pembelajaran dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Pada Mata Pelajaran Sejarah (R. Bafadal & Z. Aryani , Trans.). (2024). Jurnal Insan Cita Pendidikan, 3(1), 1-4. https://doi.org/10.00000/5ym30r13
Section
Articles

How to Cite

Penggunaan Media Pembelajaran dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Pada Mata Pelajaran Sejarah (R. Bafadal & Z. Aryani , Trans.). (2024). Jurnal Insan Cita Pendidikan, 3(1), 1-4. https://doi.org/10.00000/5ym30r13

References

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran.

Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Depdiknas. (2020). Kurikulum Merdeka:

Panduan Implementasi. Jakarta:

Depdiknas.

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media

Pembelajaran Sejarah Era Teknologi

Informasi (Konsep Dasar, Prinsip

Aplikatif, dan Perancangannya).

Susanto, H., Jamaludin, J., & Prawitasari, M.

(2023). Evaluasi Rancang Bangun

Aplikasi

Pembelajaran

Proklamasi

ANDHARUPA:

Berbasis

Jurnal

Sejarah

Android.

Desain

Komunikasi Visual & Multimedia,

(01), 130-143.

Zahwa,

F.

A.

(2022).

PENGEMBANGAN

PEMILIHAN

MEDIA

PEMBELAJARAN. 19(01), 61–78.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>